Contoh membuat CV dan lamaran kerja

Cara menulis surat lamaran kerja

Umumnya cara menulis surat lamaran kerja untuk diajukan kemanapun sama saja isinya. Baik cara membuat surat lamaran kerja online, cara membuat surat lamaran kerja di bank, maupun cara membuat surat lamaran pekerjaan di perusahaan
Langkah-langkah membuat surat lamaran kerja :

1.     Tempat dan tanggal penulisan surat.
2.     Kepada Yth. nama orang beserta gelar dan jabatannya atau perusahaan yang dituju. Alamat lengkap perusahaan.
3.     Salam hormat
4.     Kata pengantar / pembukaan
Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja wajib Anda cantumkan di mana Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja yang dibuka pada perusahaan yang Anda tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman Anda.
Sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang Anda pilih jika dalam perusahaan tersebut membutuhkan banyak sekali karyawan baru.
5.                 Biodata pribadi
Tuliskan nama lengkap Anda, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, E-Mail, Pendidikan (tidak wajib)
Jika Anda ingin menulis latar belakang pendidikan Anda, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi Anda.
6.                 Pengalaman kerja dan kemampuan Anda
Jika sebelumnya Anda pernah bekerja, tulisan pekerjaan Anda sebelumnya. Jika belum pernah bekerja (fresh-graduate) tidak usah. Tulis juga kemampuan Anda yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut.
7.                 Penutup
Dalam penutup ini tulislah untuk pembaca Anda bahwa Anda mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa mengucapkan Terima kasih.
8.                 Lampiran surat lamaran kerja
Agar perusahaan yang Anda tuju semakin yakin untuk menerima Anda, lampirkan juga hal-hal yang dapat menambah nilai Anda. Hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah :
·         Pas foto (foto terbaru)
·         Fotokopi KTP
·         Daftar riwayat hidup
·         Fotokopi ijazah terakhir
·         Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti)
·          
9.                 Hormat saya, (Tanda tangan dan nama lengkap Anda)
Setelah Anda mengetahui cara membuat surat lamaran pekerjaan, Anda bisa melihat contoh-contoh surat lamaran pekerjaan di bawah ini.




Ilustrasi surat lamaran kerja 2017 rocketmanajemen.co



Ilustrasi surat lamaran kerja 2017 rocketmanajemen.com





contoh membuat CV



CURRICULUM VITAE

Di sini saya akan memperkenalkan diri saya, khususnya mengenai Curiculum Vitae. Nama lengkap saya adalah Bagas Aditama. Biasa di panggil bagas. Saya di lahirkan pada tanggal 1 Maret 1999 tepat nya di sukabumi dengan jenis kelamin laki-laki. Alamat lengkap rumah saya bertepat di jalan Ciutara RT06/07, desa pondokaso landeuh, kecamatan parungkuda, kabupaten sukabumi. Saya beragama islam dan berkewarganegaraan Indonesia. Berikit ini adalah nomer yang dapat di hibungi 08528xxxxxxx, atau melalui akun instagram saya @bagas.aditama

Selanjutnya saya akan menjelaskan mengenai latar belakang dalan segi pendidikan secara formal. Saat SD saya bersekolah di SD 1 pondokaso landeuh pada tahun ajaran 2005/2006 dan lulus SD pada tahun ajaran 2011/2012. Kemudian setelah saya tamat sekolah SD, saya melanjutkan sekolah SMP. Saya bersekolah di SMP 1 Cicurug pada tahun ajaran 2011/2012 dan tamat pada tahun ajaran 2014/2015. Setelah saya tamat SMP saya melanjutkan nya ke jenjang yang lebih tinggi yaitu SMA. Saya bersekolah di SMA 1 cicurug pada tahun ajaran 2014/2015 dan tamat pada tahun ajaran 2017/2018. Setelah saya lulus SMA saya saat ini berkesempatan menimba ilmu di jenjang yang lebih tinggi yaitu berkuliah di kampus Universitas Gunadarma dan mengambil jurusan sistem komputer Di bidang non formal saya pernah mengikuti les bimbel di GO Selama 1 tahun pada kelas 3 SMA.

Sekian mengenai Curiculum Vitae data diri saya yang di buat semampu saya. Apabila ada kata kata yang kurang tepat ataupun kurang saya mohon maaaf yang sebesar besarnya. Atas perhatian nya saya ucapkan Terima Kasih.



Depok, 21 April 2018








Link sumber


Komentar

  1. contoh cv kreatif terbaru 2019 yang baik di mata hrd

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Bagus banget kak kata katanya , Kata Kata Bijak Fiersa Besari ini juga bagus kak ada kata kata mutiara dari fiersa besari

    BalasHapus
  4. Bagi yang mw bekerja bisa Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar , Semoga di terima ya kak di perusahaan favorit . aminn...

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KEMACETAN LALU LINTAS DI INDONESIA

Apa itu IMK dan Paradigma IMK