Apa itu UI dan UX


(UI)  “User Interface”
UI adalah desain antarmuka yang lebih memfokuskan pada keindahan dari sebuah tampilan, pemilihan warna yang baik dan pas dan hal-hal lainnya yang membuat tampilan web ecommerce yang kita miliki lebih enak dipandang mata dan membuat pengujung betah berlama-lama.

UI lebih menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai dengan menentukan desain dari layout, logo, warna, typography dan hal lainnya untuk mempercantik web ecommerce yang anda miliki.




Gambar diatas memperlihatkan ranah utama dari user interface yang terdiri dari interface design, grafis, icon, dan visual design. User interface designer akan mampu memproduksi 4 hal diatas dengan sangat baik. Tujuan utama dari UI adalah menampilkan interface yang memiliki keseragaman yang baik dari segi warna, font, gambar dll.


(UX) User Experience




Yang berbeda dari UI dan UX adalah dari fungsinya, jika UI lebih berfungsi untuk membuat desain web ecommerce menjadi lebih indah. UX merupakan desain yang digunakan untuk meningkatkan kepuasan dari pengguna website melalui kesenangan dan kegunaan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna internet atau pengunjung dan produk. UX inilah yang berfungsi untuk membuat website ecommerce anda menajdi lebih mudah dan tidak membingungkan pengguna.

UX dapat dikatakan sebagai keseluruhan dari elemen suatu website yang mencakup susunan, struktur, kemudahan dalam pemindahan satu halaman ke halaman yang lainnya dan sebagainya.

UX designer harus mengeksplorasi lebih dalam bagaimana memecahkan masalah spesifik seorang pengguna. Tanggung jawab seorang UX designer adalah memastikan bahwa setiap langkah demi langkah berjalan dengan logis dan jelas. Salah satu hal yang harus dipahami UX designer ialah harus memahami betul bagaimana kebiasaan dan kebutuhan dari user.



Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KEMACETAN LALU LINTAS DI INDONESIA

Contoh membuat CV dan lamaran kerja

Apa itu IMK dan Paradigma IMK