Rangkaian Dasar Antarmuka


PENGERTIAN INTERFACE


Secara harfiah kata interfacing adalah suatu perlakuan atau usaha perangkat keras dan perangkat lunak untuk menghubungkan antar muka antara dua buah sistem. Sistem yang dihubungkan dapat berupa sistem integrasi antar IC peripheral atau sistem integrasi rangkaian hybrid ataupun sistem yang berbasis mikroprosesor atau komputer.
Interface dalam bahasa sehari-hari sering disebut sebagai antarmuka atau perantaraelektronik adalah suatu  rangkaian yang menghubungkan antara keluaran (output) dari suatu sistem digital atau analog dengan suatu masukan (input) dari suatu sistem digital atau analog yang lain berikutnya. Yang dimaksud sistem digital  atau analog yang lain berikutnya adalah bila sitem tersebut sebagai keluaran dan merupakan beban yang dikendalikan, dan  membutuhkan konsumsi daya atau tegangan dan  arus yang lebih besar dari sistem rangkaian sebelumnya, maka diperlukan rangkaian interface.
Fungsi  lain dari rangkaian interface selain sebagai penghubung/perantara, juga sebagai pendorong/penggerak (driver). Namun jika sistem yang lain berikutnya hanya sebagai keluaran dan  tidak merupakan beban yang membutuhkan arus yang lebih besar/daya yang besar dari sistem rangkaian sebelumnya, maka fungsi rangkaian interface hanya sebagai penghubung/perantara, yaitu menyesuaikan fungsi keluaran sistem rangkaian sebelumnya dengan sistem rangkaian berikutnya, terutama data sinyal yang akurat dan sesuai dengan input dan output peralatan yang disambungkan antara output dengan input alat sebelumnya atau sebaliknya antara output dengan input alat selanjutnya. Dari hasil perencanaan, hitungan dan simulasi pembuatan rangkaian interface digital selalu menggunakan komponen  analog dan digital, sehingga seorang perencana rangkaianinterface harus  memahami sifat dan karakteristik komponen-komponen elektronik tersebut.

RANGKAIAN INTERFACE
Rangkaian interface elektronik adalah suatu rangkaian yang menghubungkan antara keluaran (output) dari suatu sistem digital atau analog dengan suatu masukan (input) dari suatu sistem digital atau analog yang lain berikutnya.
Adapun yang dimaksud sistem yang lain berikutnya adalah bila sitem alat tersebut sebagai keluaran dan merupakan beban yang dikendalikan, dan membutuhkan konsumsi daya atau arus yang lebih besar dari sistem rangkaian sebelumnya, maka fungsi rangkaian interfaceselain sebagai penghubung/perantara, juga sebagai pendorong/penggerak (driver). Namun jika sistem alat yang lain berikutnya hanya sebagai keluaran dan bukan merupakan beban yang membutuhkan arus yang lebih besar/daya yang besar dari sistem rangkaian sebelumnya, maka fungsi rangkaian interface hanya sebagai penghubung/perantara, yaitu menyesuaikan fungsi keluaran sistem rangkaian sebelumnya dengan sistem rangkaian berikutnya.

Jika suatu rangkaian kontrol digital sederhana dengan output TTL compatible sistem open collector “OC”, maka untuk menyambungkan input rangkaian interface harus diberikan resistan system pull-up pada output rangkaian yang akan disambungkan interface. Contoh IC yang digunakan untuk interface system TTL input compatible adalah IC linear ULN2803.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KEMACETAN LALU LINTAS DI INDONESIA

Contoh membuat CV dan lamaran kerja

Akuisisi Data