Prinsip Dasar Antarmuka


Pengertian HandShaking
Umumnya handsaking lebih dikenal dengan jabat tangan, namun definisi handsaking yang sebenarnya adalah pertukaran signal yang ditentukan saat hubungan dilakukan antara dua terminal. Handsaking merupakan prinsip dasar dari suatu hubungan pada sebuah interfacing. 

Handshaking merupakan teknik komunikasi diantara dua entiti yang secara otomatis menentukan parameter-parameter komunikasi di antara dua entiti sebelum komunikasi data dimulai. Handshaking terjadi setelah adanya koneksi fisik sebelum adanya transfer informasi secara normal.
Handshaking diperlukan untuk membentuk aturan komunikasi pada saat komputer akan terhubung dengan perangkat lain seperti modem, printer, atau server jaringan.


contoh handsaking antar perangkat
ketika sebuah komputer berkomunikasi dengan perangkat lain seperti modem atau printer yang perlu melakukan Handshake untuk membuat sambungan.
Proses negosiasi SSL atau “Handshake,” melibatkan pertukaran cryptographic keys, certificate, dan informasi lain , random data digunakan untuk membuat enkripsi satu waktu, dan valuenya digunakan untuk mengidentifikasi SSL yang dibuat dari Handshake. Handshake memiliki tiga tujuan:
1.       Untuk membolehkan client dan server  setuju mengenai algoritma yang akan mereka gunakan.
2.       Untuk melibatkan kumpulan dari crypto keys untuk digunakan oleh algoritma tersebut.
3.       Untuk mengautentikasi client
Catatan penting bahwa SSL Handshake memerlukan perhitungan yang sangat kompleks dan perlu komputer dengan processor yang tangguh.Pada akhir cryptographic key dibuat dan dipertukarkan antara client dan server,  enkripsi berikutnya dibuat cukup mudah sejauh processor dari komputer terfokus, namun hal itu tetap menjadikan perlunya performa tinggi dari server. Terutama ketika Handshake dengan jumlah besar terjadi dalam waktu bersamaan


Jelaskan keterkaitan handsaking hardware dan handsaking software!
Hardware Handshaking – Teknik yang digunakan untuk mengatur aliran data dengan memanfaatkan sinyal kontrol yang ada pada jalur komunikasi.
Contoh: Sinyal RTS (Request to Send) and CTS (Clear to Send)
Software Handshaking, menggunakan dua karakter khusus yang disisipkan ke dalam aliran data untuk membawa informasi kontrol aliran data


Source :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH KEMACETAN LALU LINTAS DI INDONESIA

Contoh membuat CV dan lamaran kerja

Akuisisi Data